keserakahan monyet

Keserakahan monyet

 

Di pagi hari yang cerah dihutan monyet sedang mencari makanan di dekat kebun semangka kelinci.tiba tiba monyet melihat kebun yang saaangat luas, “wah besar sekali kebun ini”kagum monyet, “luas kan ,aku yang membuat dan menanam kebun ini sendiri tau”,monyet menjawab “hah kelinci, kamu suka makan semangka? bukannya kamu suka wortel?”, “itu memang benar aku menanam semangka untuk ditukarkan denagan wortel ke hewan lain. Tetapi aku capek bolak-balik mengantarkan semangka ini, ngomong-ngomong, monyet maukah kau menjadi agen distribusiku?, aku akan membayarmu dengan semangka, semang ini yang ku pegang” tawar kelinci, monyet menjawab “kalau semangka ini aku maulah”, “oke”.

Keesokan harinya, monyet datang ke rumah kelinci dan kelinci memberi monyet itu tugas untuk mengantarakan semangkanya kepada gajah, monyetpun mengantar kannya dengan senang hati dan pulang dengan senang hati. Monyet terus begitu sampai malam hari tiba, dan monyet di berikan seamngka besar, “wah terimakasih kelinci”. Terus begitu yang monyet lakukan. Dan pada suatu saat, monyet merasa kurang cukup untuk memakan semangka. “ihh kenapa ini, aku kan sedah bekerja setiap hari, tapi gajinya akuhanya di beri semangka, ini tidak adil!” dan terpikir di benak monyet untuk melakukan sesuatu hal yang licik. “aha, betul juga ide itu”

keesokan harinya….

Monyet kembali bekerja di rumah kelinci. “tugas kau monyet sekarang adalah mengantarkan semangkaku ke kancil!” perintah kelinci, Monyet meng-iya-kannya, tapi monyet tidak mengantarkan kepada kancil atau hewan lain yang kelinci suruh, melainkan monyet mengantarkan semangka itu ke rumahnya sendiri. Bergitu terus sampai hari petang. “kelinci, aku pulang dulu ya” salam monyet, “baiklah monyet,eh ada pengumuman ,besok kamu libur”ucap kelinci,monyet pun gembira.

yee akhirnya berhasil rencanaku ,besok ku bisa makan semangka banyak,yee

keesokan harinya

kancil datang kerumah kelinci dan kebetulan kelinci ada disana “kelinci mana semangka yang kamu katakan kemarin katanya kamu mau antarkan ke aku”tanya kancil “eh bukannya monyet sudah antarkan kemarin,monyet kemarin sudah mengantarkan semua” jawab kelinci,kancil menjawab “iya kah aku kemarin tidak menerima semangka,atau jangan janganmonyet sudahmembawa semua ke rumah nya,ayo coba kita lihat ke rumahnya”kancil dan kelinci pun pergi kerumah monyet

sesampainya dirumah monyet.pertam yang dilakukan kancil dan kelinci adalah melihat jendela rumah monyet dan ternyata benar monyet sedang makan banyak semangka,tanpa menunggu lama kancil menirukan suara seperti sapi “monyet ooh monyet”,monyet mendangar suara itu dan dia mengira itu adalah suara sapi dan monyet tidak khawatir,monyet membuka pintu .

saat monyet sudah membuka pintu tiba tiba muncullahkancil dan kelinci “monyet mengapa kamu mengambil semangkaku kan aku suruh kamu untuk  mengantarkan bukan menngambil” monyet menyela “eh mana buktinya” . “bukti kau masih minta bukti ,kami sudah melihat dengan mata kepala kami sendiri ,ternyata aku salah menilaimu,biarlah kamu memakan semua semangka itutetapi kita tak berteman lagi”’kancil dan kelinci langsung pergi meninggalkan monyet

sejak saat itu monyet dikenal sebagai bintang yang serakah

 

by iqbal

Btw aku buat cerita fabel sesuai yang aku pelajari ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *